Toyota Production System ( Istilah )

Untuk mencapai sebuah situs produksi kelas dunia , Toyota membangun sebuah pendekatan yang terintergrasi dalam berproduksi dimana peralatan ( mesin , tools , dies dll ) , material dan manusia di atur dalam sebuah kondisi yang paling efisien dengan tetap memperhatikankesehatan dan keselamatan kerja .

Sesungguhnya  Toyota Production System yang di sangga dengan dua pilarnya yaitu : “Just-In-Time” dan  “Jidoka.” Menitik beratkan philosofi managementya di semua line prosesnya pada sebuah konsep yaitu  “Good Thinking Means Good Product.”  ( kalo ngga salah di setiap pabrik Toyota motto ini tergantung di line process .. yoi kangae .. yoi product.. mudah2 an spellingnya ngga salah .. hehe..)

Ada beberapa istilah populer di Toyota yang seolah menjadi Bahasa / Kode kebangsaan Di Toyota beberapa diantaranya adalah :

Andon

Sebuah alat visual control yang  menjelaskan kondisi mutakhir yang sedang terjadi pada proses produksi (ketidaknormalan, kode instruksi kerja, informasi progress sebuah pekerjaan)… Andon adalah salah satu alat visual terpenting dari Jidoka…visual control biasa disebut mite miru kanri… (nekad biarpun ngga yakin.. wkkk..)

Genchi Genbutsu

( ada juga yang bilang genmba genchi genbutsu) .. melihat masalah ditempat terjadinya masalah .. TPS sangat percaya bahwa pengalaman praktis lebih memiliki nilai dalam penyelesaian masalah bila dibandingkan dengan teori …(ngga ada itu kamus .. denger2.. kira2.. kaya’nya..atau kata si anu… bias kena bagaer…).. kita harus melihat sendiri sebuah masalah untuk memahaminya dan mencari jalan keluar….

Heijunka

Levelling atau merata-ratakan , dalam schedule produksi , baik volume , item yang diproduksi maupun waktu produksi dan pengambilannya, heijunka adalah landas pacu dari JIT.

Hoshin

Etimologis (jepang) Ho = metode, shin = jarum kompas, kan = kontrol, dan ri = logika

metodologi untuk pengarahan dan penyelarasan dengan pendekatan manajemen strategis yang memungkinkan perusahaan mengelola tujuan strategis lintas fungsi hierarki perusahaan

lengkapnya silahkan lihat dibawah ini .. ( buat bro umam ..thanks ya..)

JidokA

merupakan salah satu dari 2 pillar TPS ..yang berarti automation.. memisahkan kerja orang dengan mesin  berfokus pada kemandirian proses dan menekan keterlibatan manusia pada operasi mesin .

Sebagai referensi silahkan lihat pada     

VIDEO JIDOUKA

Kanban

kan = kartu , Ban = sinyal … merupakan kartu sinyal yang memiliki arti penting dalam pelaksanaa Just In Time..  dimana didalamnya mengandung info terkait dengan produk dan instruksi kerja , keuntungan kanban adalah :

1.Sebuah proses yang sederhana dan mudah difahami.

2.Memberi Informasi dengan cepat dan tepat

3.Biaya rendah yang berkaitan dengan transfer informasi

4.Memberi respon cepat terhadap perubahan

5.Memberi dan memperjelas batas kapasitas dalam proses

6.Menghindari over produksi (save your cash flow)

7.Meminimalkan pemborosan (MUDA)

8.Visual Kontrol

9.Delegasi garis tanggung jawab yang jelas bagi pekerja.

Lebih jelas tentang kanban silahkan lihat pada Video Kanban

.waduuh udah jam 11 malem … sory bro tar sok dilanjut lagi.. byee..

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: